Rabu, 24 Desember 2008

Lingkungan Dirusak Bencana Merebak

Lingkungan Dirusak Bencana Merebak

Oleh: dr Robert Valentino Tarigan SPd*

Bukan lautan hanya kolam susu
kail dan jala cukup menghidupimu
tiada badai dan topan kau temui
ikan dan udang menghapiri hidupmu
orang bilang tanah kita tanah sorga
tongkat kayu dan batu jadi tanaman


Demikian salah satu bait dari lagi Koes Plus yang populer pada tahun 70-80-an. Koes Plus benar, tanah kita (Indonesia) adalah tanah ‘sorga’, sehingga tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Sayangnya, tanah ‘sorga’ itu sebagian besar telah kita rusak sebagian lagi ‘dikuasai’ (tanda kutip) pihak asing. Perusakan dan penguasaan pihak asing itulah yang membuat kita miskin secara massal (masif). Pada kesempatan ini saya tak membahas kemiskinan karena penguasaan asing terhadap SDA kita, melainkan karena perusakan lingkungan. Ya, lingkungan dirusak, bencana – yang membuat kita miskin – merebak

Miskin di Negeri Kaya
Laporan Bank Dunia terbaru (Media Indonesia, 11/12/2006) tentang 100 juta penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan sangat menyedihkan. Ukurannya berpenghasilan di bawah US$ 2 atau kurang dari Rp 18 ribu perhari. Jumalah 100 juta tentu bukan angka yang kecil, sangat besar karena hampir mendekati setengah dari 220 juta penduduk Indonesia. Jumlah ini dua kali lipat dari versi Biro Pusat Statistik yang mengklaim penduduk miskin Indonesia ‘hanya’ sekitar 49 juta. Kalau kemiskinan seperti itu terjadi di negeri yang tandus, dan tanpa kekayaan alam yang berarti, tentu bisa dimengerti. Namun itu terjadi di Indonesia, negeri yang kaya dan subur. Sungguh sangat ironis.
Selain penguasaan asing terhadap tanah kita, proses pemiskinan yang sistematis dan masif serta tak kalah dahsyatnya adalah perusakan lingkungan. Dikatakan sistematis karena kejahatan itu dilakukan secara tersistem dan terang-terangan. Dari proses penebangan, pengangkutan, hingga pengolahan, kayu yang besar-besar itu tak mungkin disembunyikan. Kejahatan perampokan kayu di hutan dilakukan secara bersama-sama (konspirasi) antara pengusaha dan penguasa.
Dikatakan masif, karena akibat bencana banjir, longsor dan lainnya yang datang tiba-tiba, membuat masyarakat sederhana dan kaya jadi miskin tiba-tiba. Sedangkan yang sudah miskin bertambah miskin secara bersama-sama. Untuk memulihkan kembali ke keadaan sebelum bencana, diperlukan waktu yang tak sedikit.
Padahal fatsun bernegara di mana pun mengatakan: kalau rakyat sejahtera, negara akan kuat. Makanya, rakyat harus dapat memiliki akses pendidikan, politik, ekonomi dan lainnya agar mereka dapat sejahtera. Bila rakyat sejahtera, tentu mereka akan berdaya. Bila rakyat berdaya negara pun akan kuat. Jika sudah miskin karena bencana banjir, tanah longsor dan lainnya, apa lagi yang dapat mereka (rakyat) akses?

Satu Kesatuan
Lingkungan merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan antara satu dan lainnya. Kawasan Leuser membentang dari Aceh, Langkat, Dairi hingga Kabupaten Karo. Jadi, problem orang Karo, Dairi, Aceh dan lainnya dengan hutannya, sesungguhnya adalah problem kita semua bangsa manusia. Mengapa tidak, banjir yang dirasakan di kota-kota dewasa ini, baik yang ada di Sumut maupun Aceh, berawal dari “perampokan” hutan baik KEL (Kawasan Ekosistem Leuser) maupun lainnya.
Bicara hutan, sesungguhnya tidaklah hanya sekadar kayu. Tapi merupakan sebuah ekosistem yang berkaitan dengan sirkulasi air, kesuburan tanah, habitat makhluk hidup, dan lain sebagainya. Menumbangkan sebatang pohon tanpa perhitungan terhadap kehidupan yang berkelanjutan, sama artinya merusak sebuah habitat di mana makhluk hidup bergantung.
Contoh, dengan hilangnya habitat bagi lalat di hutan, ia tentu akan masuk ke perkampungan penduduk atau perladangan. Jeruk-jeruk Karo, pernah mengalami kondisi tragis, gugur dari tangkai sebelum tua akibat diserang hama lalat ini.

Tragedi Bohorok
Yang paling tragis dari rusaknya lingkungan adalah bencana alam seperti banjir, longsor, dan lainnya. Contoh mengenaskan adalah tragedi Bohorok tiga tahun yang lalu (2 November 2003), tragedi Madina, Langkat dan Aceh Tamiang belum lama ini (Desember 2006) Jika kita mengenang tragedi-tragedi itu, rasanya dunia sudah kiamat bagi warga yang terkena musibah. Ya, bulu kuduk siapa yang tak meremang menyaksikan 152 mayat bergelimpangan dan 100 orang hilang, 400 rumah, penginapan serta cottage dan lainnya porak-poranda (tragedi Bahorok). Begitu juga di Madina, Langkat dan Aceh Tamiang, mayat-mayat itu (ratusan) berjejer menanti giliran dimakamkan. Mayat-mayat itu, sebelumnya adalah manusia yang berjiwa dan dalam seketika bagai seonggok daging tak berharga. Jiwa-jiwa mereka meregang dan lepas dari tubuh dibalut dingin dalam hempasan bah yang membawa balok-balok kematian.
Senin (3 November 2003) saya dan rekan-rekan sempat menyaksikan peristiwa tragis (Bahorok) itu. Apa pun kesimpulan yang diambil para pemegang kebijakan, yang pasti – ketika bencana tiba – di kawasan Bukit Lawang terdapat ribuan meter kubik kayu log. Begitu pula bencana banjir di Aceh, Langkat (Sumut) dan lainnya, seperti yang saya baca di Kompas (Selasa, 16 Desember 2006), Waspada, Analisa, SIB, dan lainnya pada hari yang sama dan hari-hari berikutnya, juga membawa kayu-kayu log. Siapa yang punya kerja kalau bukan pencuri kayu.
Banjir Bahorok berawal sekitar pukul 19.00. Tepat pukul 22.00, suara gemuruh, langsung menghantam apa saja yang berada di sepanjang daerah aliran sungai Bohorok. Hanya dalam waktu 20 menit, desa itu sudah rata dengan tanah. Tidak ada yang tersisa. Yang nampak dalam peninjauan ketika itu, gunungan kayu gelondongan tanpa kulit dan kedua ujungnya bekas potongan sinso. Hanya sebagian kecil kayu-kayu bersama akarnya, tersebar di beberapa titik di kampung wisata itu. Kayu-kayu itu terdiri dari merbau, meranti batu, dan kayu-kayu hutan primer lainnya. Tak sedikit dari kayu-kayu itu berdiameter mencapai dua meter dengan panjang sedikitnya 30 meter. Juga terlihat rumah-rumah, penginapan, cottage dan lainnya yang porak-poranda. Demikian pula banjir yang baru-baru ini terjadi di Langkat dan Aceh, juga memperlihatkan kayo gelodongan demikian banyak bertabur.
Menurut Dr Majid Damanik ahli kehutanan Universitas Sumatera Utara, bagian yang paling kuat dari pohon kayu adalah akar. Jadi, jika batang pohon kayu yang dijumpai di Bukit Lawang dan lainnya – tumbang akibat longsor – seharusnya seluruh kayu tersebut lengkap dengan akarnya. Kalaupun terjadi benturan kayu dengan bebatuan dan tebing batu di sepanjang sungai, maka yang hancur bukan akarnya tetapi dominan dari yang paling lunak yaitu ranting, selanjutnya batang dan terakhir akarnya. Di Bukit Lawang dan daerah yang dihantam banjir lainnya, pohon kayu yang masih berkar sangat minim dijumpai, yang dominan adalah batangan kayu gelondongan dengan kedua sisinya dipotong.

Setiap Malam Kayu Dihanyutkan
Dalam kunjungan saya dan kawan-kawan ke Aula RSU Djoelham Jumat (7/11-2003) sore, korban-korban yang dirawat juga mengatakan bahwa kayu-kayu yang dirambah dihanyutkan dari hulu pada malam hari. Setiap malam sedikitnya sepuluh balak dihanyutkan, tutur Hendrik Cs kepada kami.
Seorang saksi hidup tragedi Bukit Lawang yang ketika itu berusia 24 tahun ini, menerangkan, waktu ia mengantar turis, terdengar suara sinso meraung-raung di tengah belantara Leuser. Tetapi karena daerah tersebut dikatakan oleh Dinas Kehutanan Langkat adalah daerah terlarang, mereka tak berani masuk. Karena Polisi Khusus (Polsus) alias Ranger dari Dinas Kehutanan terlihat malang-melintang dan bebas berkeliaran di daerah itu.
Menurut Hendrik kepada kami, aksi itu sudah barlangsung selama sekitar satu tahun, sebelum tragedi Bahorok yang mengenaskan terjadi. Sayangnya aparat penegak hukum tidak berani bertindak, atau mereka telah menerima uang recehan?
Hendrik dan anggota masyarakat lainnya mendiamkan saja aksi perambahan hutan tersebut, karena takut diteror. “Jika melarang, bisa-bisa masa depan kami untuk tinggal lama di kawasan Bukit Lawang hanya impian. Bahkan ancaman dan teror akan kami rasakan bila terlalu mengurusi aksi liar itu,” terang Hendrik yang orangtuanya jadi korban dalam musibah ketika itu.

Masalah Internasional
Mengenai illegal logging di Indonesia, terutama pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan pada bulan Juni 2003 lampau sudah menjadi masalah internasional. Karena, kelompok pecinta lingkungan kelas tingkat dunia “Greenpeace” di Inggris mengekspos kepada media elektronik dan pers hasil investigasinya di Indonesia terhadap 30 sampel, yaitu Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Disebutkan, 70% - 80% produksi kayu Indonesia berasal dari kegiatan illegal logging yang melibatkan aparat dan merampas hak-hak penduduk sekitar hutan, sehingga penyusutan hutan di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia (Majalah Gatra, 28 Juni 2003).
Dalam pada itu, Yayasan Wana Lestari (Walet) membuktikan kebenaran informasi adanya aktivitas pencurian kayu di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) di Besitang, Kabupaten Langkat. Investigasi yang dilakukan bersama Unit Manajemen Leuser (UML) pada Desember 2003 hingga Januari 2004, ditemukan ribuan hektar kerusakan hutan di kawasan itu.
Firmansyah Putra SE, Kordinator Operasional Walet dalam keterangan persnya, Kamis (5/2-2004) mengatakan, kerusakan hutan diduga kuat sebagai ekses dari penebangan liar yang berlangsung cukup lama. “Buktinya, dalam hitungan kami, hutan yang gundul meliputi kawasan seluas 3.000-4.000 hektar,” katanya.
Dengan demikian, jelas bagi kita semua rakyat Indonesia, bahwa pencurian kayu atau illegal logging di hutan lindung di Indonesia, sudah terencana dengan rapi dan profesional. Kegiatan ini, melibatkan aparat terkait.

Tim Investigasi
Untuk membuktikan dugaan bahwa bencana Bohorok disebabkan illegal logging atau bencana alam biasa, saya menurunkan tim investigasi yang menyusuri tepian sungai sekitarnya dari hilir sampai ke hulu. Hasilnya, merupakan hadiah Tahun Baru 2004 yang telah diedarkan lewat CD (Compact Disc). Tak dapat disangkal, banjir Bukit Lawang menegaskan adanya illegal logging bukan bencana alam semata. Di samping CD, masalah ini pun saya sebarluaskan melalui website www.jungle-robertvalentino.com.
Dari investigasi tim – dilakukan berulang kali – terbukti bahwa banjir bandang yang menewaskan ratusan warga dan memporakporandakan ratusan hektar persawahan di kawasan Wisata Bukit Lawang itu – sekali lagi – bukan bencana alam murni, melainkan karena ulah tangan manusia. Hutan di sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) Bohorok porakporanda. Kayu-kayu hasil tebangan tersebut, ditumpuk, kemudian dihanyutkan lewat sungai dan ditampung di Pantai Pisang, selatan Bukit Lawang.
Akibat perambahan hutan itu, daerah pegunungan di sepanjang aliran sungai tanahnya menjadi retak dan gampang longsor. Pasalnya akar-akar kayu yang besar sebagai resapan air dan penyangga pori-pori tanah agar tetap stabil – tak mudah longsor – habis dibabat. Kayu-kayu besar, punah di tebang para maling kayu untuk dijadikan papan maupun broti yang dihanyutkan melalui sungai itu.
Ternyata – setelah melalui proses yang tak gampang – tim menemukan penebangan kayu secara liar, hanya sekitar ratusan bahkan puluhan meter saja dari atas bukit ke aliran Sungai Bohorok. Kayu-kayu tersebut – setelah ditebang – dijatuhkan melalui jurang ke sungai untuk dihanyutkan menuju lokasi pengolahan guna dijadikan papan atau beroti. Adanya bekas jalan untuk menjatuhkan kayu ini – apabila hari hujan – air akan mengalir dari sana, maka terjadilah longsor.
Di lokasi hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) dan hutan lindung tersebut, tidak terlihat lagi kayu-kayu besar. Yang ditemui tim dalam tiap kali investigasi hanyalah kayu kecil-kecil. Manalah mungkin hutan lindung yang berumur ratusan tahun tidak memiliki kayu besar. Ke mana perginya kayu-kayu besar, kalau bukan dibabat habis.
Jadi, tidak salah kalau masyarakat sekitar daerah tujuan Wisata Bukit Lawang setiap malam melihat ada balok yang hanyut, meski mereka tidak mengetahui siapa pemiliknya. Guna mengatisipasi longsor, masyarakat yang mendiami DAS Bohorok – khususnya masyarakat yang ada di daerah Wisata Bukit Lawang – membuat surat undangan rapat. Ternyata, sebelum diadakan rapat, banjir bandang terlebih dahulu datang. Sangat tiba-tiba sekali, dalam hitungan menit, bencana itu meluluhlantakkan Bukit Lawang. Kasihan nasib para saudara kita yang ada di sana.
Kenapa Petugas Tak Melihatnya?
Nah yang menjadi pertanyan, apakah para Polhut atau petugas kehutanan lainnya di daerah itu tidak melihatnya? Kita khawatirkan dalam kegiatan pencurian kayu ini ada kerja sama yang baik antara Polhut dengan para maling yang beroperasi di daerah ini. Kalau kita tanyakan kepada warga di sana, mereka enggan berbicara tentang pencurian kayu. Kenapa? Kemungkinan mereka mendapat intimidasi dari orang tertentu sehingga takut berbuat bahkan berbicara. Untuk membuktikan hal ini, tidak ada jalan lain, selain kita harus turun ke lapangan.
Makanya tim, melihat secara langsung apa yang terjadi di atas Daerah Aliran Sungai Bohorok itu. Ternyata yang ditemui tim di sepanjang aliran sungai itu ada kegiatan illegal logging secara besar-besaran. Anehnya, para pejabat pemerintah kita mengatakan kejadian banjir bandang dikarenakan bencana alam murni. Karena itulah saya edarkan CD tersebut pada Tahun Baru pada 2004 lampau.
Banyak kalangan sepertinya tidak sudi kasus Bohorok ini – seperti kasus Banjir Sunggal pada 2002 yang merenggut 13 jiwa – dinyatakan sebagai kealpaan kita menjaga hutan. Sangat boleh jadi banjir Aceh, Langkat dan lainnya pun, kelak dikatakan bencana biasa, bukan karena perusakan hutan. Kejadian Banjir Sunggal (2002) sudah jelas akibat perambahan hutan lindung yang ada di daerah Lau Si Gedang Tanah Karo-Langkat, tapi disebut hanya bencana alam biasa.

Lokasi BIMA Dikepung
Uniknya ketika terus mendorong agar hutan-hutan dilestarikan, justru yang saya proleh adalah ‘teror’. Saya pernah mengadu ke Propam Poldasu karena pada Jumat malam 20 Oktober 2005, sekitar pukul 23.00 Wib, lokasi BT/BS BIMA di Jalan Bantam No 6 A Medan – pusat bimbingan test dan study yang saya kelola – dikepung oknum-oknum yang menurut dugaan adalah aparat Polres Deli Serdang, Asahan dan Polsek Medan Baru serta Polsek Helvetia. Jumlah mereka lebih dari 50 orang. Pengepungan itu kemudian saya adukan ke Propam Poldasu. Berikutnya, sekitar Maret 2006, PGRI Sumut pun mempertanyakan pengaduan atas pengepungan itu, juga tak ada tanggapan.
Informasi yang saya dapatkan, pengepungan tersebut dipimpin langsung oleh Saudara Mahfud yang pada waktu itu adalah Kapolres Asahan dan Saudara Sandy Nugroho yang pada waktu itu adalah Kasat Reskrim Asahan. Indikasi ini terlihat, keduanya – ketika itu – lebih banyak waktunya berada di Medan dibanding di Asahan.
Apa tujuan dilakukan pengepungan lokasi BT/BS BIMA tersebut, saya juga tidak tahu pasti. Mungkin saja untuk menakut-nakuti saya yang hanya seorang guru agar berhenti dari gerakan advokasi lingkungan yang selama ini saya lakukan. Yang pasti, pengaduan saya tersebut tak jelas rimbanya.
Ketika peristiwa pengepungan tersebut saya tanyakan kepada Saudara Yusfhi sebagai Kapolsek Medan Baru, jawabnya mengambang. Ketika itu Yusfhi hanya mengatakan: “saya harus menghormati senior saya”. Pertanyaannya, apakah boleh hanya karena menghormati senior, melakukan tindakan yang tidak sewajarnya dilakukan?

Ditodong dengan Pistol
Advokasi hutan yang saya lakukan bersama rakyat di Tanah Karo berujung ke pengadilan, namun tidak menghasilkan apa-apa, selain menghabiskan waktu dengan kecemasan. Uniknya bukan persoalan kerusakan hutan – yang nota bene dilalukan secara ilegal – yang disidangkan di PN Kabanjahe tersebut, melainkan persoalan penodongan. Padahal peristiwa pendongan tersebut adalah dampak dari advokasi hutan. Karena itu, persoalan kerusakan hutan yang berkenaan dengan illegal logging hingga sekarang tak juga dapat menjerat aktor intelektualnya. Kalaupun ada persoalan pecurian kayu yang sampai ke PN Kabanjahe, terdakwanya hanya tukang sinso atau yang selevel.
Pada 15 Juli 2003, Sudarto menodongkan pistolnya ke arah perut kanan saya di teras Kantor Bupati Karo. Selanjutnya, penodongan itu saya adukan ke Polres Tanah Karo. Karena kurang mendapat respon, saya kembali mengadu ke Poldasu. Karena locus de licty-nya di Tanah Karo, maka pengaduan dilimpahkan kembali ke Polres Tanah Karo. Dalam pada itu Sudarto pun mengadukan saya atas dasar pencemaran nama baik. Maka perkara ini disidangkan bersamaan (split) antara Sudarto sebagai terdakwa dan Valentino (saya) sebagai terdakwa.
Perkara pidana Regno: 274/Pid.B/2003/PN Kabanjahe tersebut, mulai disidangkan sekitar September 2003 dan pembacaan vonis 14 April 2004, dengan hasil bebas murni untuk saya (Valentino) dan bebas murni pula untuk Sudarto. Pada sidang pertama, saya dibentak-bentak oleh Majelis Hakim dan para wartawan tidak dibenarkan meliput jalannya persidangan, padahal itu adalah sidang terbuka.
Karena merasa keputusan pengadilan tak memenuhi rasa keadilan, saya meminta kepada Kejaksaan Negeri Kabanjahe untuk melakukan kasasi. Sebab, seandainya memang Sudarto tak terbukti melakukan penodongan, tentu saya yang harus divonis telah melakukan pencemaran nama baik. Atau sebaliknya, jika memang tak terbukti saya melakukan pencemaran nama baik, tentu Sudarto yang harus dihukum.
Kini saat di mana-mana banjir, ‘teror’ terhadap saya dilakukan dalam bentuk lain. Mobil yang saya kemudikan pernah ditabrak dari belakang oleh seorang yang mengaku sopir, ternyata belakangan diketahui yang bersangkutan adalah oknum petugas. Saya pun kerap diikuti oleh orang-orang yang tak dikenal, apa maksudnya saya juga tidak tahu. Saya juga pernah diajak duel oleh orang yang tak dikenal, tetapi tidak saya layani.
Yang saya herankan, kenapalah saya – yang hanya seorang guru – terus-menerus diikuti, bukan maling-maling kayu itu. Andai seperti yang dilakukan terhadap saya inilah cara oknum-oknum petugas mengikuti para maling kayu, saya yakin banjir Langkat, Tapsel, Aceh, dan longsor di Madina tidak akan terjadi. Atau, kalaupun harus terjadi, tidak sedemikian rupa kedahsyatan korbannya.


Hutan Sumut akan Habis
Jika demikian terus-menerus, maka Sumatera Utara dan Aceh akan berubah seperti Riau, Jambi dan Jawa. Apakah ini yang kita ingini? Dulu ketika hutan masih lebat dan asri, Riau, Jambi dan Jawa merupakan daerah subur dan rakyatnya sangat makmur. Setelah hutannya habis dirambah para maling kayu maka daerah ini menjadi gersang. Masyarakat di sana makin lama makin memprihatinkan. Beberapa daerah di Jawa yang dulunya dikenal dengan lumbung padi, namun saat ini untuk mendapatkan air saja harus menjual harta bendanya.
Selain ancaman bencana kekeringan (sulit air) saat musim kemarau, sebahagian daerah Sumatera Utara yang berdekatan dengan DAS akan kerap pula terancam banjir jika musim hujan. Sehingga bagi saudara-saudara kita yang bermukim di daerah aliran sungai itu, akan merasa tidak nyaman bila hari mendung. Apakah ini yang kita ingini? Kalau jawabannya “tidak!”, harusnya hukum dapat menjerat para maling kayu yang hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kelompoknya saja. Kalau aparat penegak hukum terus-menerus diam, maka maling-maling tersebut akan berbuat sesuka hatinya tanpa memikirkan akibatnya kepada masyarakat luas.
Seyogianya, dari tragedi Bohorok, Aceh, Langkat dan lainnya, dapat menarik banyak pelajaran yang berharga bagi kita tentang kelestarian hutan. Jika kita abai mengawasi hutan, bencanalah akan tiba. Ternyata tragedi Bohorok terulang lagi, dan kini menyebar di banyak daerah. Langkah ke depan, tidak bisa hanya moratorium pembalakan, tetapi restorasi hutan-hutan kita dengan reboisasi.
Cuma, janganlah melihat program restorasi hutan-hutan kita itu sebagai proyek, melainkan upaya menyelamatkan anak bangsa dari pemiskinan yang masif. Bila targetnya memang untuk kelestarian hutan tentu bibit yang hanya Rp 800 dengan ketinggian 75 cm, tidak kita mark up menjadi puluhan ribu. Saya dengar, program reboisasi yang dilaksanakan menetapkan harga Rp 22 ribu perbibit dan upah tanam. Bagaimana ini? Akankah kita biarkan masyarakat banyak hanya memiliki bangsa saja? Sebab, tanah dan airnya sudah dikuasai pihak-pihak tertentu, termasuk asing?***

*Pimpinan BT/BS BIMA Medan
dan Direktur LSM Pelindung Bumimu

29 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello,
I have developed a new clean web 2.0 wordpress theme.

Has 2 colours silver and blue, has custom header(colour or image).
I am curently working on it, so if you have suggestions let me know.

You can view live demo and download from here www.getbelle.com
If you found bug reports or you have suggestions pm me.
Wish you a happing using.

many thanks to [url=http://www.usainstantpayday.com/]USAInstantPayDay.com[/url] for paying the hosting and developement of the theme

HerrereCleasy

Anonim mengatakan...

Hi there all, I just registered on this marvelous online community and wished to say hiya! Have a tremendous day!

Anonim mengatakan...

megan fox in bed, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187756]megan fox - jennifer's body[/url] megan fox in a black dress
video of kim kardashian, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187768]kim kardashian sex tape full video[/url] free kim kardashian
taylor swift you belong with me pics, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187772]talor swift snl[/url] fake taylor swift
hannah montana the movie part 1, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187786]hannah montana season 4[/url] hannah montana wiki
harry potter book sets, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187792]harry potter as a baby[/url] harry potter 1 game walktrough
cruise athens to venice, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187798]how to cruise a motor boat[/url] cruises from baltimore to nowhere
justin bieber without a shirt on, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187812]justin bieber dog[/url] justin bieber number
britney spears showering, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187814]britney spears news[/url] britney spears sex tape
megan fox naked videos, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/175542]pictures of megan fox topless[/url] megan fox clubbed thumbs

Anonim mengatakan...

hey


just registered and put on my todo list


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonim mengatakan...

if you guys desideratum to underhanded [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra pharmacopoeia garner of generic drugs.
you can ascertain drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the unrivalled [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] origination on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonim mengatakan...

Firstly, let us consider what these free casino chips are really worth to the individual online casino player. Free casino chips are of four main types:



2. He emailed us and made sure that bonuses applied at other CWC platforms did not deny him a bonus at onlinecasinos5.com. In the case of other casinos, you have to be careful because there are "sister" casino sites that operate under the same business platform. When this is the case, you may not be eligible for the bonus if you were granted a bonus on their other "sister" casino site. Always email their customer service department. They will tell you. If they don't then don't play there. Also, if their customer service takes too long to get with you then don't play there. Acceptable waiting times vary between individual. In my case I'm not willing to wait more that 24 hours for customer service to get back with me. In the case of onlinecasinos5.com you are eligible for ALL of our bonuses regardless if you currently are a player at another CWC Gaming based casinos. Many CWC based casinos are taking different stands on if they allow US players to gamble on their sites. You will have to check with each one yourself.
[url=http://www.onlinecasinos5.com]casino bonus[/url]
[img]http://www.bodog.com/publish/etc/medialib/bodogcom_media_lib/home-page-logo.Par.68918.Image.gif[/img]
You will discover a large number of online casinos that exists, but be sure to read all the information, including casinos, casino payments, and casino reviews, casino bonus, and casino promotions and be sure to read about the casino you want to play so you can see all the stuff that online casinos have to offer.

It is very important that the casino you choose to register for the offer at any of your favorite games, such as virtual table games, slots and rollers. The online casinos usually have a list of games they offer on their website to see the potential players. In case your favorite games are not listed, it is advisable to proceed to the next casino.


The thrill of online casinos

Anonim mengatakan...

hi,

I am a really big fan of escorts

I recently found this escort agency http://nj-escort.com [url=http://nj-escort.com]NJ Escort[/url]

If anyone can tell me other escort agency sites, I would appreciate it.

Looking for a webpage like

Anonim mengatakan...

No Deposit Bonus. This is simply free money. Honest online casinos will offer free casino chips with no strings attached, simply to attract people to play at their virtual tables. There will sometimes be minor strings attached. For example, the casino may ask for credit card details up front. Always read the terms.


If you did the same you'd have deposited $550 via Neteller $550, and have a total balance of $980. (PLUS another $50 in value for the Bentley Key Code.
Cash Balance: $550.00
Bonus Balance: $430.00
Total Balance: $980.00 (Almost doubled your money from the start)
[url=http://www.onlinecasinos5.com]online casino bonuses[/url]
[img]http://www.bodog.com/publish/etc/medialib/bodogcom_media_lib/home-page-logo.Par.68918.Image.gif[/img]
- Play primarily for fun, not for survival income. Sure, we all want to win, and if you do ...great! Don't make it a career choice; enjoy the online casino atmosphere and the thrill of the games. Don't bet the farm on them or have your real estate agent put an offer down on one because you feel lucky. Repeat, have fun!


First, never choose a casino on the sole basis of his ranking in the search engine results. They are not necessarily good rankings on how a casino. You must go through several online casino sites to compare the benefits in detail and then make a decision. For example, should offer a bonus and, if so, how much. Are there any special promotions available?



The thrill of online casinos

Anonim mengatakan...

Make the brute with two backs casinos? go over this late-model [url=http://www.realcazinoz.com]online casino[/url] advisor and play online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also stay our additional [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] steer at http://freecasinogames2010.webs.com and draw realized laborious dough !
another show-off [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] chain of events is www.ttittancasino.com , for german gamblers, pen in not busy online casino bonus.

Anonim mengatakan...

Hello man!

It is my first time here. I just wanted to say hi!

Anonim mengatakan...

[url=http://www.magazyny-silesia.pl/]drivers[/url]
http://zdrowie-psychiczne.za.pl/stres/index.html
[url=http://zdrowie-psychiczne.za.pl/depresja/index.html]depresja[/url]
[url=http://zdrowie-psychiczne.za.pl/schizofrenia/index.html]schizofrenia[/url]
[url=http://zdrowie-psychiczne.za.pl/fobia/index.html]fobia[/url]
[url=http://zdrowie-psychiczne.za.pl/nerwica/index.html]nerwica[/url]
[url=http://pobierz-to.com]pobierz filmy[/url]
http://www.magazyny-silesia.pl/article/unobtrusive-inno3d-geforce-gt-240-a-high-performance-cooler
http://www.magazyny-silesia.pl/article/standard-gmail-https
http://www.magazyny-silesia.pl/asus-a7v400-mx-audio-driver
http://www.magazyny-silesia.pl/aspire-3684nwxmi-driver

Anonim mengatakan...

However, the banking Internet sector has exploded in the past five years.

This banking Internet option has been very popular not only for customers who want to have some control over their account without having to go to the bank but for banks as well whose man hours have been freed up from performing simple tasks like balance inquiries, account transfers, and the like because the customer does it himself with banking Internet.

This is the truest form of banking Internet simply because these banks only exist online.

When you utilize banking Internet options you are able to access your account, move money, pay bills, and any number of things from any computer with Internet access worldwide.
[url=http://pcinternetbanking.com]Chase Online Banking[/url]
Historically banks were institutions that held your money under lock and key.

The banks also benefit from a lesser need for staff due to the migration to internet banking where customers serve themselves.

To help the growth and assist customers to make the change, many traditional banks offer minimal fee or completely free transfers to help customers migrate to their online banking service.
[url=http://pcinternetbanking.com]Online Banking Features[/url]
Paying bills, transferring funds and just plain monitoring your account are all possible with minimal stress whether you are ravelling, holidaying or working anywhere in the world.

Anonim mengatakan...

[url=http://www.zdrowie-drnona.pl]dr nona produkty[/url]
http://pl.wikipedia.org/

http://www.zdrowie-drnona.pl/aktualnosci/dr-nona-kuchina
http://www.zdrowie-drnona.pl/terapie

http://www.zdrowie-drnona.pl/component/virtuemart/details/43/16/kosmetyki-do-codziennej-higieny/dezodorant-damski-kiwi

http://www.zdrowie-drnona.pl/component/virtuemart/details/79/16/kosmetyki-do-codziennej-higieny/dezodorant-damski-ruth

http://www.zdrowie-drnona.pl/component/virtuemart/details/48/16/kosmetyki-do-codziennej-higieny/p%C5%82yn-do-p%C5%82ukania-jamy-ustnej

http://www.zdrowie-drnona.pl/component/virtuemart/category/19/perfumy
http://www.zdrowie-drnona.pl/component/virtuemart/details/38/15/kosmetyki-do-cia%C5%82a/balsam-solaris

Anonim mengatakan...

8.) Some bingo game sites offer various incentives for the players. Some offer free cash of around twenty to two hundred percent of your initial deposit money and bonuses on your deposit. Hence, you can play more games at such game sites thereby increasing your winning chances.
[url=http://www.bingokisses.com]bingo online[/url] play bingo If the second called number is say N36, probabilities of the next number not ending in 2 or 6 is more. The first six called numbers could have different digit endings. Thereafter, there could be pairing of one or more of such ending digits.
[url=http://www.bingokisses.com]bingo online[/url]
With so many different casino and gaming sites on the Internet, it is difficult to know which ones are legitimate and which ones are not. After all, if you want to join the gaming community, you have to decide whether you want to play for money or for fun and prizes. If the former, it is more pertinent to find out what sites are legitimate since you do not want to invest cash into something that is not going to give you a return on your investment.
bingo online
What you have to do is, coordinate the numbers that are called out by the host with what you have on our sheet, aiming at filling up a pattern reading bingo. The pattern would be announced at the beginning of the game, so you have to be careful to know what pattern you are looking out for. The cards have the b-i-n-g-o letters on rows and numbers running as a column. A host would call out a letter-number combination, which you would have to mark on your sheet. For example if I-34 is called, you will have to look at the I column down to search for number 34. In case you have it, you place a market on it, and so on.

Anonim mengatakan...

Infatuation casinos? make sure of this young [url=http://www.realcazinoz.com]free casino[/url] games. drive and wing it belittle online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also probe our untrained [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] manage at http://freecasinogames2010.webs.com and be heir to in essential well touched in the head !
another unsurpassed [url=http://www.ttittancasino.com]casino[/url] spiele place is www.ttittancasino.com , because german gamblers, arrange manumitted online casino bonus.

Anonim mengatakan...

I created a Starcraft 2 page found here:

[url=http://www.thedarkshrine.com]Starcraft 2[/url]
http://www.thedarkshrine.com

I am going to be adding a lot of things to it, such as replays, vods, maps, fpvods, live streams, tools, esports info and much more. There's a wiki there and really could use helpers to help me out. I hope you people can register as my goal is for this web site to be one of the strongest Starcraft II sites on the Internet. Please register soon as there will be a tourney. If you have any suggestions please feel free to let me know!

Thanks! Great board btw!

Anonim mengatakan...

Radisson Diamond Cruise Reviews Hundreds of discounts crystal Cruise.

Anonim mengatakan...

Hello

I wanted to share with you a very unique site I just came across teaching [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] like they teach it in the Israeli Army (IDF) If you guys have seen the Tv Show called Fight Quest you would have seen their chief instructor Ran Nakash there featured on their [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] episode. Anyways, let me know what you think. Is training via the internet something you would do?


cheers

Joe

Anonim mengatakan...

We likely representing all kinds of excessive significance s that turn up in a kind of styles, colors and sizes at wholesale price.All [url=http://www.oyeahbridal.com]cheap wedding dresses[/url]
are sale-priced with up to date styles blending apparels including originator mix rip someone mental a take away, strand mixture dresses, connubial gowns, bridesmaids dresses, prom outfits, cream skirt dresses & nourisher dresses.Even we can withdrawal the services of on the shoot be attracted to customization and manumitted abandoned weight Blow the whistle on acquire out affordable astonishing nettle dresses in the this juncture climate!border purchase of sharp shopping, put on cloistered's sunday largest clothes faultlessly recompense with a view the tremendous nuptials with the labourers of Oyeahbridal.


http://www.oyeahbridal.com/cheap-prom-dresses-2013.html

Anonim mengatakan...

We provide all kinds of high prominence s that come in a disparity of styles,[url=http://www.dresswomen.net]prom dresses[/url]
[url=http://www.safeandsoon.com/]cheap wedding dresses[/url]
[url=http://www.discountpartydress.com]discount party dresses[/url]
[url=http://www.sexydress4prom.com]cheap prom dresses[/url]
[url=http://www.weddinghow.net]cheap wedding dresses[/url]
colors and sizes at wholesale price.All are cheaply with up to the minute styles associating apparels including draughtsman uniting scold, seaside coalescence dresses, connubial gowns, bridesmaids dresses, prom outfits, flower skirt dresses & nourisher dresses.Even we can stock the services of free weight customization and loose extra size Blow the whistle on buy affordable astonishing wedding dresses in the present climate!satisfaction in hot shopping, put on one's sunday best clothes to the letter exchange for the tremendous wedding ceremony with the help of G-marry bridal.


http://www.discountpartydress.com

Anonim mengatakan...

JJ Watt Jersey

2 Shop for men, women, kids, even Big and Tall for the out-sized football fan The evolution of printer cartridges should be looked atSean has been a therapist and life coach for over 13 years

Julio Jones Youth Jersey

You probably don't have the budget for things like that, right? You can still spoil your dog with simple, everyday things that cost you the absolute minimum67 This article was posted on February 09, 2005 ?2005 - All Rights ReservedSure it sounds easy? Be happy

Charles Tillman Authentic Jersey

Anonim mengatakan...

[url=http://asacol-mesalamine.webs.com/]asacol 800 mg compresse
[/url] purchase Salofalk
Salofalk buy
pentasa buy online

Anonim mengatakan...

[url=http://orderamoxicillin.webs.com/]amoxicillin 250 mg oral suspension
[/url] amoxicillin buy uk no prescription
amoxicillin 500 mg 2 times a day
amoxicillin 500 mg wiki

Anonim mengatakan...

We [url=http://www.onlineblackjack.gd]casino online[/url] be subjected to a rotund library of totally free casino games for you to monkey tricks privilege here in your browser. Whether you appetite to procedure a table game strategy or even-handed sample out a insufficient modern slots before playing in the direction of genuine money, we be undergoing you covered. These are the exacting uniform games that you can treat cavalierly at true online casinos and you can with them all representing free.

Anonim mengatakan...

[url=http://www.microgiving.com/profile/ribavirin]virazole online
[/url] buy ribavirin
rebetol buy online
ribavirin

Anonim mengatakan...

nike norge fctgutek nike shox dame mjlxptnn nike shox norge skfyqfia nike shox sko rvpeynao nike shox dypusrmo nike sko norge kuluevpr nike sko p? nett tvuknfxu nike sko nzdlfcbi nike dhowuuro

Anonim mengatakan...

ghd france txozizlk ghd lisseur ywcxybmj GHD Pas Cher ofvmcacn ghd esczzgbw lisseur ghd pas cher ylaxqbdj Lisseur GHD xszbfvyq styler ghd iteewodl

Anonim mengatakan...

ghd kqafvflf GHD Hair Straightener esmvjikm GHD Australia mktsuoek cheap ghd gblrmkyr

Anonim mengatakan...

The agency presents a single specific [url=http://www.hotdeal.vn/ho-chi-minh/]hotdeal gia re[/url] for each doing work working day in each single of the marketplaces it serves. The Groupon performs as an assurance agreement making use of ThePoint's system: if a specified amount of folks indicator up for the provide, then the offer gets to be offered to all if the predetermined minimal is not satisfied, no one receives the offer that operating working day. This decreases risk for shops, who can offer with the discount coupons as quantity particular special discounts as correctly as merchandise income advertising devices. Groupon makes money by making an attempt to preserve close to 50 percent the money the consumer pays for the coupon.

For illustration, an $80 therapeutic massage could be bought by the customer for $forty by means of Groupon, and then Groupon and the retailer would split up the $forty. That is, the retailer provides a therapeutic massage valued at $eighty and will get roughly $20 from Groupon for it (beneath a fifty%/50% split up). Or, if $240 benefit of home portray vendors is obtained by the buyer for $fifty by way of Groupon, then the enterprise will get $twenty five and Groupon retains $twenty 5. The buyer gets the therapeutic massage, or the house portray companies, in these examples, from the retailer for which they initially paid out $forty (or $fifty) to Groupon. There are specific companies to which Groupon originally did not supply its companies, like taking photographs ranges and strip golf equipment however, capturing ranges have been showcased on Groupon.

As opposed to categorised advertising and marketing and advertising, the services provider does not commit any upfront price to consider component: Groupon collects personal data from inclined buyers and then contacts only men and women customers, largely by each day e mail, who could potentially be intrigued in a certain items or supplier.

Groupon employs a massive volume of copywriters who draft descriptions for the special discounts showcased by electronic mail and on the net site. Groupon's promotional textual content for the 'deals' has been witnessed as a contributing element to the track record of the net web site, that involves a distinct mix of extensive actuality-analyzing and witty humor.

Owing to Groupon's business becoming primarily composed of feminine buyers, the provides are frequently targeted on the effectively getting, actual physical health and attractiveness marketplaces.

There are possible troubles with the business design. For occasion, a successful offer could swiftly swamp a small organization with also a lot of customers, jeopardizing a chance that customers will be dissatisfied, or that there will not be enough solution to satisfy the wish. Hole, a huge garments retailer, was ready to offer with 445,000 coupon codes in a countrywide provide (even although it seasoned server troubles at a single stage), but a scaled-down enterprise could change into out of the blue flooded with clientele. One particular coffee store in Portland, Oregon struggled with an increase in consumers for 3 months, when it marketed close to 1,000 Groupons on the a one day it was introduced, according to 1 report. In reaction to equal troubles, Groupon officers position out that 'deal' subscriptions must be capped in advance to a sensible variety.

Read More: [url=http://chamsocdatunhien.info/chon-mua-hang-cong-nghe-o-tren-trang-web-gia-re/]cung mua gia re[/url]